Suara Bising Menggangu? Itu Tandannya Jenius

SariWaran.com : Anda mungkin adalah seseorang yang sering merasa terganggu dengan suara bising. Namun jika itu benar-benar mengganggu Anda, kemungkinan Anda adalah seorang yang jenius. Dalam berkarya para jenius biasanya tidak tahan terhadap suara bising dan lebih mencari suasana tenang.

Seperti  Charles Darwin dan Franz Kafka dua orang jenius ini menjadikan sensitif terhadap suara bising sebagai kunci kreativitas mereka. Seperti yang dikutip Daily Mail dari jurnal Neuropsychologia yang mengungkapkan bahwa keduanya adalah ilmuan yang paling tidak tahan terhadap suara bising.
Tidak Tahan Suara Bising Tandanya Orang Jenius
Tidak Tahan Suara Bising Tandanya Orang Jenius | sumber nkgroup
Para ahli psikologi kini yakin bahwa kreativitas dapat dihubungkan dengan ketidak mampuan menyaring informasi sensorik. Salah satu tokoh yang sering menggunakan penutup telinga saat berbaring ditempat tidurnya untuk mencari ilham adalah penulis terkenal Perancis Marcel Proust. Bahkan untuk meredam suara bising dari luar saat sedang berkarya, dia sampai melapisi dinding kamarnya dengan gabus.

Kafka pernah berkata :
“Saya butuh kesendirian untuk tulisan saya; tidak ‘seperti petapa’ karena itu tidak akan cukup. Tapi seperti orang mati.”
Juga dua orang yang dikenal sering mengeluh tentang bagaimana sulitnya mereka dalam menyaring kebisingan adalah Darwin dan penulis Anton Chekhov.

Baru-baru ini para ilmuan di Northestern University, Illionis, melakukan pengujian pada 100 orang tentang kemampuan mereka dalam mencari solusi yang jujur dan menemukan hubungan yang kuat antara ketidak mampuan menyaring audio yang tidak relevan, biasa disebut kebocoran sensory gating, dan kreativitas. Dalam tes tersebut mereka dihadapkan pada tantangan memberikan jawaban yang jujur sebanyak-banyaknya untuk mengukur tingkat kreatif nyata yang dicapai.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa mereka yang sulit menyaring informasi sensorik dapat fokus pada berbagai hal secara bersamaan yang membuat mereka merasa lebih mudah untuk berpikir kreatif.

Darya Zabelina mahasiswa Ph.D psikologi Northwestern University mengatakan :
“ Jika disalurkan ke arah yang benar, kepekaan ini bisa membuat hidup lebih kaya dan bermakna, memberikan pengalaman yang lebih pada ketajaman otak.”
Nah bagi anda yang sering terganggu dan tidak tenang dengan suara bising, selamat karena kemungkinan besar anda termasuk orang yang jenius.
Comments
0 Comments

0 Tanggapan:

Post a Comment

Bagaimana Pendapat anda? silahkan berkomentar..!