5 Manfaat Sarapan Bagi Tubuh Yang Sering di Sepelekan

Sarapan atau makan dipagi hari merupakan waktu makan yang sangat penting dan sangat dianjurkan untuk kesehatan. Biasanya Sarapan dilakukan mulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan 10.00 pagi. Selain itu fungsi Sarapan dapat memberikan nutrisi pada otak sehingga anak yang biasanya Sarapan akan memiliki prestasi lebih baik disekolah jika dibandingkan dengan anak yang tidak Sarapan.

Namun banyak orang yang tidak menyadari manfaat baik tersebut, tidak sedikit pula yang mengatakan bahwa Sarapan itu tidak penting, tapi kenyataannya ini bisa saja terjadi karena tuntutan gaya hidup yang serba cepat dan perubahan jam sekolah pada anak-anak, karena para ibu akan semakin sulit mengatur waktu untuk menyiapkan Sarapan sehat dan bergizi. Berdasarkan penelitian Sarapan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat akan digunakan secara perlahan dalam tubuh dan akan membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Selain meningkatkan kecerdasar, Sarapan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut 5 manfaat sarapan dari segi kesehatan :

 1. Menambah Kekuatan Metabolisme.

Setelah beristirahat sepanjang malam tentu tubuh kita akan membutuhkan tambahan energi untuk melakukan aktifitas selanjutnya, karena itu Sarapan dapat dipertimbangkan sebagai waktu makan yang penting untuk menggantikan waktu istirahat yang tak terisi makanan serta dapat menambah kebutuhan gula dalam tubuh.
Menambah Kekuatan Metabolisme
Menambah Kekuatan Metabolisme | sumber blogspot Metabolisme
Gula adalah sumber energi yang diserap dari karbohidrat dari makanan yang masuk kedalam tubuh, karena itu dipagi hari ketika semalaman titubuh tidak dapat asupan gizi selama 12 jam, zat gula dalam tubuh akan turun ketingkat yang lebih rendah. Ketika itu terjadi maka secara otomatis tubuh akan menggantinya dengan melepas zat gula yang telah tersimpan dalam lapisan otot dan liver yang biasanya disebut glycogen.

2. Sarapan Dapat Menurunkan Berat Badan

Selama tidur 12 jam, tubuh akan berpuasa sepanjang malam dan dipagi hari tubuh akan meminta asupan makanan yang akan membuat kita merasa lapar, jika hal itu dilewatkan maka metabolisme dalam tubuh akan berkuran.
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan | sumber Tokodietmurah
Jika kita ingin menurunkan berat badan, maka hala yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Sarapan makanan yang sehat dapat meningkatkan kemampuan pembakaran lemak dalam tubuh menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan energi dan akan membantu metabolisme sepanjang hari.

3. Sarapan Dapat Menambah Esensial Nutrisi dan Energi

Karena kebutuhan tubuh yang tinggi, Sarapan dapat menyediakan proporsi significan asupan total nutrisi untuk tubuh sepanjang hari.
Esensial Nutrisi dan Energi
Esensial Nutrisi dan Energi | sumber slidesharecdn.com
Sarapan juga bisa dengan mengkonsumsi makanan yang penuh nutrisi seperti zat besi, vitamin dan serat karena dimana tubuh yang membtuhkan asupan Esensial vitamin, mineral dan nutrisi dapat diperoleh dari Sarapan.

4. Sarapan Dapat Menigkatkan Konsentrasi

Dalam kondisi kelelahan tentu otak akan berfungsi lambat, itu disebabkan karena kurangnya supan gizi yang masuk kedalam tubuh.
Meningkatkan Konsentrasi
Meningkatkan Konsentrasi | sumber aurakecerdasan.com
Sarapan dapat memperbaiki kemampuan berfikit dan menjada kita tetap berapa dalam penampilan mental terbaik. Selain sehat sarapa juga dapat menyediakan bahan bakar bagi otak untuk meningkatkan kemampudan dalam pemecahan masalah dan ingatan.

5. Menghindari Makanan Yang Tidak Terkontrol

Sarapan yang baik dan bergizi bisa menjaga kondisi tubuh  dari rasa lapar berlebih, dimana hal ini bermanfaat bagi untuk bisa menjaga makan siang yang berlebihan.
Makan Yang tak Terkontrol
Makan Yang tak Terkontrol | sumber ahlidetox.com
makanan yang dikonsumsi saat Sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan yang akan dikonsumsi pada siang hari, tetapi jika kita melewatkan Sarapan, makan tubuh akan cendrung mengalihkan rasa lapar dengan mengkonsumi makanan ringan seperi cemilan sebelum makan siang, hal ini yang akan membuat tubuh meminta asupan makanan atau minuman yang berlebih  untuk meningkatkan energi.

Sarapan tidak harus mengkonsumsi nasi seperti yang biasa dilakukan masyarakat kita di indonesia, tetapi Sarapan juga bisa menggunakan gandum atau sejenisnya yang mengandung banyak karbohidrat kompleks, serat dan protein yang membatu memberikan, dengan begitu maka tubuh akan memiliki cukup energi untuk dapat mendukung aktifitas selanjutnya. Lima manfaat sarapan diatas merupakan sebagian kecil dari banyak manfaat sarapan sebenrnya, namun jika ada yang mempunyai atau mengetahui manfaat sarapan selain diatas, silahkan tinggalkan komentar dibawah.
Comments
0 Comments

0 Tanggapan:

Post a Comment

Bagaimana Pendapat anda? silahkan berkomentar..!