Ini Penyebab Geli Pada Ketiak dan Telapak Kaki

Setiap orang pasti mempunyai bagian yang paling sensitif pada tubuhnya, dimana pada titik tersebut jika disentuh akan menghasilkan reaksi atau reflek geli yang bervariasi. Seperti halnya ketiak, hampir semua orang akan merasakan geli dan tidak tahan ketika bagian tersebut disentuh oleh orang lain.

Tak hanya ketiak, namun dibagian kaki juga terdapat daerah sensitif  yaitu telapak kaki, dimana hampir sebagian besar orang akan merasakan geli jika area ini disentuh ataupun digelitik. Namunn ada juga orang yang tidak merasakan apapun ketika dua derah sensitif tersebut disentuh.
Penyebab Geli Pada Ketiak dan Telapak Kaki | sumber mylepak
Pada umumnya ketiak dan telapak kaki merupakan daerah yang paling sensitif. Seperti yang dikutip dari berbagai media Kesehatan, hal tersebut disebabkan karena adanya konsentrasi Meissner's Corpuscles yang lebih tinggi dari bagina tubuh lainnya. Ujung saraf tersebut akan menjadikan telapak kaki merasakan geli yang lebih tinggi dari daerah tubuh lainnya.

Sama halnya seperti bagian tubuh yang cepat merasakan geli yaitu leher karena tidak adanya perlindungan lansung dari tulang. Orang akan merasakan reflek yang berlebih saat leher disentuh, khususnya wanita. Ini disebabkan karena saraf sensorik reseptor yang sangat dekat dengan permukaan kulit.

Menurut Penelitian Geli Disebabkan Oleh :

Para peneliti menunjukkan bahwa Cerebellum atau yang biasa disebut otak kecil akan merespon dan menunjukkan aktivitas yang lebih saat diberi sentuhan mendadak. Begitu pula dengan kebalikannya, sesuatu yang sudah diantisipasi tidak akan menunjukkan respek lebih ketika ada sentuhan, hal ini disebabkan karena saraf respon sudah mengantisipasi terlbehin dahulu dan dianggap tidak terlalu intens, seperti halnya menggelitik diri sendiri.

Namun faktor sosial juga sangat berpengaruh saat seseorang merakan geli dan tertawa ketika sentuhan itu dilakukan oleh orang dekat seperti keluarga, kerabat, atau pasangan. Tapi akan berbeda jika yang melakukannya adalah orang lain, responenya tidak lagi tertawa atau merasa geli tetapi bisa saja kita menjadi marah.

Nah, itu dia alasan kenapa rasa geli itu ada dan apa penyebabnya. jika anda tidak pernah merasakan geli, berati bisa dikatakan anda termasuk rang yang mati rasa.
Comments
0 Comments

0 Tanggapan:

Post a Comment

Bagaimana Pendapat anda? silahkan berkomentar..!